Sabtu, 14 September 2019

Sudah Tau SOP Pramusaji Restoran ? Yuk Pahami Disini


Di sepanjang jalan, anda dapat menemukan berbagai restoran yang menyediakan bermacam menu makanan dan minuman yang unik. Bahkan, Indonesia dianggap memliki potensi bisnis makanan yang cukup besar. Restoran adalah sebuah usaha yang menyediakan jasa makan dan minum. Selain menu yang ditawarkan, jasa pelayanan dapat dijadikan sebagai penunjang suksesnya sebuah restoran. Berikut contoh SOP pramusaji yang harus dipahami.

Pelaksanaan Prosedur Kerja Bagi Pramusaji
1. Menyambut dan Membantu Tamu Duduk
Ketika pengunjung mulai memasuki restoran, pramusaji harus siap menyambut dengan senyum tulus dan menyucapkan salam. Pramusaji hendaknya bertanya apakah pengunjung tersebut sudah memesan tempat sebelumnya atau belum. Jika belum, pramusaji diharapkan untuk mengantar pengunjung menuju tempat yang masih kosong. Pastikan tempat tersebut sesuai dengan jumlah pengunjung yang datang.
Apabila restoran sedang penuh, tugas pramusaji adalah menyarankan pengunjung untuk menunggu. Pramusaji dapat memberikan saran lainnya, seperti menyarankan tamu untuk datang kembali beberapa saat kemudian, atau menyediakan tempat duduk tambahan bagi tamu yang menunggu. Apabila tamu menunggu makanan tiba, pramusaji dapat membuka napkin makan tamu sebagai bentuk menjalankan SOP pramusaji yang benar.

2. Menuangkan Minuman Untuk Tamu
Setelah tamu duduk, hal pertama yang dilakukan pramusaji adalah membuka napkin tamu. Kemudian pramusaji akan membawa water pitcher yang dipegang dengan tangan kanan, sedangkan di tangan kiri memegang servis napkin yang telah dilipat rapi. Setelah itu, pramusaji akan menuangkan air pada gelas yang telah tersedia di meja tamu. Servis napkin di tangan kanan pramusaji, berfungsi untuk membersihkan teteasn air dari pitcher.
Pramusaji dapat menuangkan air es seperempat gelas dari sebelah kanan tamu. Untuk melakukannya, pramusaji tidak perlu mengangkat gelas dari atas meja. Namun hendaknya gelas wanita yang diisi pertama. Selanjutnya, pramusaji dapat menuangkan air kepada gelas tamu lainnya. menurut SOP pramusaji, hendaknya menuangkan air dilakukan dengan gerakan searah jarum jam. 

3. Mengambil dan Memproses Pesanan
Langkah selanjutnya, pramusaji dapat mengambil menu dari side stand dan order book sambil mendekat kepada tamu. Jangan lupa untuk memberikan senyum dan salam. Berikan menu list tersebut dalam keadaan terbuka, sehingga memudahkan tamu untuk memilih pesanannya. Untuk tamu yang berjumlah lebih dari dua orang, pramusaji dapat menanyakan apakah mereka akan memesan sendiri atau ditentukan oleh satu orang.
Pramusaji dapat memberikan saran makanan atau minuman yang sesuai dengan selera tamu. Hendaknya tulis pesanan dengan jelas dan sistematis  ketika  tamu mulai memesan. Hal ini dilakukan, agar pihak dapur dan bar dapat menyajikan minuman sesuai instruksi yang ditulis. Untuk menjalankan SOP pramusaji dengan baik, hendaknya pramusaji mengulangi pesanan tamu dengan membacakan kembali apa yang mereka pesan sebelum diproses lebih lanjut. 

4. Menyesuaikan Alat Makan yang Akan Digunakan
Pramusaji dapat menyesuaikan peralatan makan yang sesuai dengan makanan pesanan tamu. Berikut cara yang dapat dilakukan untuk menyesuaikan alat makan tamu, yaitu peralatan makan yang digunakan dapat disiapkan di atas baki kecil dan diberi alas servis napkin, atau pramusaji dapat menambahkan alat makan apabila jumlah alat yang akan digunakan belum tersedia. 
Pramusaji akan menemukan berbagai jenis tamu setiap harinya. Dalam menghadapi keluhan tamu, hendaknya tetap bersikap tenang dan berbicara dengan sopan. Seorang pramusaji juga dituntut untuk menaggapi segala hal dengan bijaksana. Hal ini karena pramusaji berperan penting sebagai perwakilan  wajah dari restoran dimana mereka bekerja. Dengan pelayanan yang baik, diharapkan tamu juga merasa nyaman saat menikmati makanannya. 


This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon