Senin, 27 Maret 2017

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Secara Alami

Perut kembung pada bayi merupakan masalah pencernaan utama yang sering kali terjadi. Ibu perlu tahu bagaimana cara mengatasinya dengan cepat dan tepat, sehingga tidak mengganggu aktivitas bayi. Jangan keburu khawatir dan bingung, tapi lakukan cara-cara untuk mengeluarkan gas pada perutnya itu. Perut kembung terjdai karena meningginya jumlah gas yang ada di dalam tubuh bayi.
Itu bisa saja disebabkan karena terlalu banyak menyusu, masuk angin dan lainnya. Jika perut bayi terasa tidak nyaman si kecil akan merengek terus dan mungkin dia malas untuk mengkonsumsi sesuatu. Oleh karena itu, Anda perlu tahu cara menangani yang tepat seperti berikut ini:

foto:tipsanakbayi.com

Stimulasi sendawa
Selain bisa mengatasi  cegukan pada bayi, sendawa juga cara yang tepat untuk mengobati perut kembung pada bayi. Kamu harus dapat menstimulasi bayi agar sendawa setelah selesai disusui. Langkah-langkahnya adalah dengan menggendong bayi pada posisi tegak, sandarkan kepalanya pada bahumu. Lalu tepuklah punggungnya secara perlahan sampai si kecil bersendewa.
Usapkan minyak telon
Cara selanjutnya yang efektif mengatasi perut kembung pada bayi dengan menerapkan minyak telon pada sekitar perut dan punggung si kecil. langkah ini dapat mengeluarkan gas yang terperangkap di ususnya. Usapkan minyak telon sambil memijatnya lembut di mulai dari arah kiri kekanan dengan gerakan memutar.
Atasi menggunakan irisan bawang
Kamu bisa menggunakan cara lama para orang tua untuk menyembuhkan perut kembung pada bayi. Ambil bawang merah secukupnya lalu, irislah menjdi beberapa bagian. Kemudian, ambil dan usapkan ke seluruh perut dan punggung bayi secara merata. Sari bawang akan membuat sensasi hangat yang bisa merangsang keluarnya gas melalui kentut yang sering.
Berikan air hangat
Kalau bayi kamu sudah berusia lebih dari 6 bulan, minumkanlah air hangat. sesasi hangat ini akan mendorong gas pada perut untuk segera keluar. Jangan lakukan untuk anak dibawah usia 6 bulan karena mereka belum bisa mengolah air minumnya.
Hindari dulu susu formula
Mungkin saja penyebab perut kembung pada bayi adalah asupan susu formula yang mengandung lemak tinggi. Lemak memang penting untuk perkembangan bayi, tapi tak semua bayi dapat mencernanya dengan baik. Apabila si kecil sering mengalami perut kembung saat diberi susu formula, maka hentikan saja.
Kerokan
Sedangkan bayi yang sudah berumur satu tahu ke atas, bisa dilakukan kerokan ke tubuhnya untuk mengatasi perut kembung. Jangan menggunakan koin, tapi bawang merah saja ya.


EmoticonEmoticon